Y O U R....V I S I O N....I S....O U R....M I S S I O N

Tuesday, July 7, 2015

RAMADHAN DI ISKA, DARI KULTUM HINGGA BUKBER

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya saat Ramadhan, di sela-sela bekerja, dilakukan kegiatan yang terkait dengan syi’ar Ramadhan oleh Majelis Taklim Graha Iska (MTI). Ada sedikit perbedaan yang dilakukan pada tahun ini, yaitu selain terpusatnya kegiatan karena tim WQA berkantor di Graha Iska, juga ada penambahan kegiatan berupa “khataman Al-Qur’an”.

Selengkapnya kegiatan tersebut adalah :  kultum Ramadhan (tiap ba’da dzuhur), khataman Al-Qur’an, pengajian jelang buka puasa, santunan yatim piatu dan buka puasa bersama (ifthor jama’i). Selain kultum Ramadhan yang dilakukan tiap hari pada ba’da dzuhur (kecuali Jum’at), seluruh kegiatan dilakukan pada Jum’at, 3 Juli 2015, bertempat di mushalla At-Taqwa dan lobby Graha Iska, Jakarta.

Dalam khataman Al-Qur’an, MTI mendatangkan para tahfidz dari Yayasan Ar-Rihlah, Utan Kayu, Jakarta Timur sebagai pemandu, sementara yayasan yatim yang diundang kali ini adalah dari Yayasan Aisyiyah, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Pengajian atau ceramah Ramadhan sendiri dibawakan oleh Ustadz Ruslan Su’udi dari Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Rekaman kegiatan tersebut dapat dilihat lewat foto-foto berikut :

(JS)

Kultum Ramadhan
Dibawakan oleh pimpinan unit usaha dan karyawan di lingkungan Graha secara bergiliran dan diselingi dengan nara sumber yang didatangkan dari luar. Diadakan setiap ba’da dzuhur (kecuali Jum’at) sebagai ajang pembelajaran dan awareness bahwa penyampaian (dakwah/tabligh) pada dasarnya adalah kewajiban individu (fardhu ‘ain) sekaligus kewajiban kolektif (fardhu kifayah).


Khataman Al-Qur’an
Sesungguhnya kegiatan “khataman” itu sendiri adalah bagian dari kegiatan tadarus Al-Qur’an secara umum di mana di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk dilakukan. Pemformalan kegiatan ini ditujukan untuk mengingatkan bahwa ketekunan dalam “menderas” Al-Qur’an diharapkan dapat diterapkan dalam bentuk pelaksanaan kegiatan pekerjaan sehari-hari.




Pengajian Jelang Berbuka
Sebagaimana kegiatan pengajian pada umumnya, pengajian jelang berbuka puasa tidak lupa menyisipkan hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan kewajiban puasa Ramadhan.





Buka Puasa Bersama (Ifthor Jama’i)
Merupakan bagian dari upaya terus-menerus dalam mengingatkan kembali pentingnya kebersamaan. Dari hidangan yang tersedia, siapapun boleh mencicipi atau menikmatinya tanpa ada pembedaan.


Santunan Yatim Piatu
Pemberian santunan yatim piatu dilakukan selepas acara buka puasa, disampaikan kepada Pengurus Yayasan yang saat itu juga mengajak para anak-anak yatim yang ikut berbuka puasa.

No comments: